Albert-Kolose.Blogspot.Com Free Information For You All , Please Follow Di Blog, And Like This Blog.

Albert-Kolose.Blogspot.Com adalah blog yang isinya berbagai informasi dari Seluruh Dunia Dan Seluruh Informasi Yang Ada Di Internet, Tujuan blog ini untuk memberikan informasi ke seluruh dunia.

Albert Kolose . Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Hallo ------------------------------------------ ,

Cuma 3 Hari! Bunga Rafflesia di Kebun Raya Bogor Kembali Mekar

Bunga raksasa Rafflesia patma yang ada di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, kembali mekar setelah tahun 2010 lalu. Wisatawan bisa melihat tumbuhan langka endemik Indonesia mulai 2-4 November 2012 karena mekarnya hanya 3 hari!
Ini adalah kali keempat Rafflesia patma di Kebun Raya Bogor mekar sejak tahun 2010. Pada tahun tersebut, 3 bunga mekar pada tanggal 3 Juni, 18 Juni, dan 20 Juli. Kemarin yaitu Jumat (2/11), bunga raksasa ini kembali mekar. Wisatawan bisa menyambangi langsung Kebun Raya Bogor untuk melihatnya langsung.
"Bunganya mekar paling lama 3 hari, besok mungkin terakhir," kata Dr Joko Ridho Witono, Kepala Bidang Konservasi Ex-situ, Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor LIPI, saat dihubungi detikTravel, Sabtu(3/11/2012).
Tak hanya wisatawan, tumbuhan endemik Indonesia ini selalu menjadi incaran para ilmuwan dunia. Eksistensinya mulai berkurang. Salah satu penyebab kelangkaannya adalah sifat biologisnya sebagai parasit yang bergantung kepada pohon inang.
Oleh karena itu, pada umumnya Rafflesia hanya bisa disaksikan di habitat alaminya. Kebun Raya Bogor sebagai pusat konservasitumbuhan yang punya misi menyelamatkan tumbuhan langka, menjadi opsi terbaik wisatawan untuk melihat bunga raksasa ini.
Dari situs resmi Kebun Raya Bogor yang dikutip detikTravel, saat ini diketahui ada 17spesies Rafflesia di Indonesia. Salah satu yang terkenal adalah Rafflesia arnoldii dari Sumatera dengan diameter mencapai 1 meter. Dari belasan jenis tersebut, R. patma seperti yang terdapat di Kebun Raya Bogor adalah yang pertama kali ditemukan. Tepatnya tahun 1797 oleh Auguste Deschamps, seorang naturalis berkebangsaan Prancis.
Nah, bagi Anda yang belum punya rencana akhir pekan, Kebun Raya Bogor adalah opsi terbaik menghabiskan liburan. Ayo, kapan lagi lihat bunga raksasa Rafflesia mekar di depan mata?
"Di Kebun Raya Bogor, yang mau lihat bisa ke area Pembibitan Reintroduksi Tumbuhan Langka. Ada kok papan petunjuknya," kata Joko.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul Cuma 3 Hari! Bunga Rafflesia di Kebun Raya Bogor Kembali Mekar. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://albert-kolose.blogspot.com/2012/11/cuma-3-hari-bunga-rafflesia-di-kebun.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Albert - Sabtu, 03 November 2012

Belum ada komentar untuk "Cuma 3 Hari! Bunga Rafflesia di Kebun Raya Bogor Kembali Mekar"

Posting Komentar